Laptop adalah benda yang memiliki komponen tidak tahan air, meskipun saat ini sudah banyak produk laptop tahan yang banting dan tahan air. Banyak kasus terjadi laptop kena air, baik itu karena tumpahan air minum maupun kehujanan saat dibawa keluar. Jika hal itu sampai terjadi, ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan dan perhatikan agar laptop tidak sampai rusak. Pembersihan sudah harus jelas dilakukan, apalagi jika yang tertumpah adalah cairan intrusi yang bisa menyebabkan kerusakan.

Beberapa kerusakan yang terjadi pada laptop kena air di antaranya adalah terjadinya konslet (short) atau hubungan pendek yang timbul karena sifat konduktif cairan. Namun hal tersebut tidak akan terjadi apabila cairan sudah kering. Kerusakan berikutnya adalah korosi jika benda cair yang kena laptop mengandung asam, sebagai contoh minuman Coke. Selain itu yang juga rentan terhadap air adalah komponen-komponen elektronik dalam laptop, seperti Motherboard dan komponen lain. Ketika air tumpah ke atas laptop, air tersebut bisa masuk melalui celah-celah keyboard dan akhirnya sampai pada bagian Chip dan disinilah bisa menjadi awal kerusakan laptop Anda.

Jika demikian yang terjadi, lalu bagaimana tips mengatasi laptop yang kena air? Yang pertama tentu saja Anda tidak boleh panik dan cepat lakukan sesuatu. Berikut tipsnya:

  • Ketika air tumpah kepada laptop yang sedang menyala atau aktif, dimungkinkan air berinteraksi dengan kabel serta komponen sehingga konslet cepat terjadi. Sebelum hal itu terjadi segera matikan laptop Anda dan balik sampai air keluar. Dan yang paling penting lagi adalah segera lepas baterai dari tempatnya.
  • Saat laptop Anda masih dalam keadaan basah dari air, jangan sampai sekali-kali Anda mencoba untuk menyalakan. Apalagi jika langsung mencolokkannya ke arus listrik karena hal ini bisa menimbulkan arus pendek (konsleting) pada laptop seperti yang sudah dijelaskan diatas dan memungkinkan untuk berkibat fatal.
  • Jika bagian baterai dan tempat baterai sudah ikut terkena air, segera keringkan dengan lap kering. Namun Anda harus memperhatikan pada bagian kutub plus-minus baterai yang umumnya berbentuk logam berwarna kuning berkilau. Jangan sampai merusaknya.
  • Anda bisa menjemur baterai, namun jangan terkena panas matahari langsung. Bisa dilakukan penjemuran sambil ditutupi kain kering. Metode ini dikarenakan baterai tipe lithium (Li-Ion) cukup sensitif dengan lingkungan panas sehingga bisa membuat struktur kimiawinya rusak bahkan bisa beresiko meledak.
  • Pada kasus laptop yang kena air parah, maka lakukan pelepasan keyboard dari body laptop dan kemudian jemurlah keyboard ditempat yang kering namun jangan terlalu panas dengan keadaan terbalik. Apabila cairan yang tertumpah pada laptop berupa kopi, the, soda maupun softdrink yang lengket, segera bersihkan dengan kuas selah-selah keyboard dengan menggunakan air. Keyboard sendiri terdiri dari papan-papan tombol, kerangka penyangga serta Punchcard yang biasanya dibuat dengan bahan dari karet dan jalur bus. Ada banyak kasus dimana saat Keyboard terkena air, maka komponen ini akan error atau efek terpencet sendiri dikarenakan Punchcard yang berubah maupun langsung menempel pada jalur bus yang diakibatkan genangan air dari tumpahan air.
  • Pada proses pengeringan atau penjemuran Keyboard, Anda bisa menekan-nekan satu tuts ke tuts lain guna menghindari adanya uap yang tertinggal dan nantinya menyebabkan keyboard lengket.
  • Minimum Anda harus mendiamkan laptop selama hampir 10 jam untuk proses pengeringan. Pada kasus yang parah, jika Anda berani bisa mencoba membongkar sendiri laptop Anda. Setelah itu, yang terpenting adalah angkat motherboard atau mainboard dan lepaskan komponen-komponen yang penting seperti processor, RAM, wifi, Optical Drive, maupun Harddisk  untuk dikeringkan. Ini penting dilakukan guna mencegah terjadinya korosi pada motherboard.
  • Untuk kesekian kalinya, jika Anda berani bisa mengangkat LCD panel dari frame pada laptop. Layare LCD panel laptop sendiri terdiri dari lapisan-lapisan, dan apabila LCD panel tersebut terkena air, dikhawatirkan air tersebut dapat mengisi celah diantara lapisan-lapisan tersebut. Efek buruknya, bisa menimbulkan flek-flek putih pada LCD
  • Langkah terakhir, segera pasang komponen laptop secara benar, minum baterai. Tes dengan mencolokan laptop menggunakan adapter, namun jangan dinyalakan. Jika terjadi hal yang tidak beres seperti bau hangus, segera lepas kembali. Sampai disini, tips terakhir adalah bawa laptop yang kena air milik Anda ke tukang service terpercaya.

 

Recent Posts

Leave a Comment

Start typing and press Enter to search