Mati total/drop

banyak hal yang bisa buat laptop anda mati total mulai dari aliran listrik dirumah tidak stabil,kesamber geledek ketumpahan air,batery rusak,atau adaptor juga bermasalah laptop/notebok anda jatuh dll,

Don’t panic !!!!!

Langkah pertama  Untuk kasus mati total yang perlu anda cek pertama kali adalah batery laptop anda.  Kemungkinan batery laptop anda habis total. Coba lakukan pengisian dan tunggu kira-kira 1/2 jam. Penyebab lain adalah adaptor laptop yang tidak berfungsi. Anda dapat cek dengan lampu indikator carger di laptop menyala ketika laptop di kasih adaptor. Jika lampu indikator tidak nyala, ada kemungkinan adaptor yang rusak ataupun konektor power boardyang rusak..kalau akibat aliran listrik di rumah tidak stabil  sering mati atau kesamber geledek langkah pertama kalo anda pasang stabilyzer dirumah ada boleh digunkan supaya arus lisrtik drumah masuk ke laptop bisa keatur dengan baik kalau pun laptop sudah rusak pertama” copot batery diamkan selama 10 atau 15 menit setalah itu pasang kembali,di coba juga utk cabut batery cemos ada beberapa tipe laptop yang batery cemos nya mudah di copot pasang kalo misalkan masih sama berarti ada masalah di  mainboard laptopnya yang rusak bawa ke tempat service terpercaya atau rekanan anda,kalopun di cek satu satu pasti banyak penyebab ya bisa jadi IC power suply,maksim,bios,ic fed,tockin,dan lain”….

Ada power tapi no display
sebelum pengecekan yang lain alangkah baiknya  dicoba cek dulu dengan memasang monitor eksternal pada port VGA di laptop anda. Kemudian hidupkan laptop anda, jika laptop masih mati,langkah ke dua kemungkinan coba cek RAM di buka dan di bersihkan pakai penghapus trus di pasang lagi,kalo msh sama coba copot hdd,procesor di ganti dengan hdd dan procesor lain nya andai kan masih sama belom ada tampilan anda mesti di bawa ke tempat service rekanan atau yang bisa di percaya langkah nya  mesti di tes satu-satu lagi bisa VGA, Prosessor, mainboard, IC BIOS, atau RAM yang kotor atau rusak. Coba lakukan cek satu per satu.
Dan jika monitor eksternal hidup dan tampil gambar dengan normal, kemungkinan kerusakan ada di inverter LCD, kabel flexibel LCD, ataupun LCD monitor anda. Jika kerusakan ada di Layar LCD, maka anda harus mengganti Layar LCD tersebut, karena layar LCD tidak bisa diperbaiki.

Masalah Pendinginan Laptop

Permasalahan umum yang sering dihadapi pemakai laptop adalah masalah panas, bagaimanapun juga panas adalah musuh utama dari laptop, hampir 75 % kerusakan laptop disebabkan panas yang berlebihan. Apalagi di dalam casing laptop hampir tidak ada ruang kosong semuanya dipenuhi dengan komponen. Masalah yang sering muncul dibagian ini adalah tersumbatnya saluran pembuangan panas pada heatsink karena tertutup oleh debu. Hal ini menyebabkan panas yang seharusnya dikeluarkan kembali masuk ke dalam laptop. Akibatnya suhu di dalam laptop meningkat dari yang seharusanya diperbolehkan. Hal ini dapat menyebabkan over heating pada VGA chip, Procesor, dan komponen mainboard laptop yang lain.saran lebih baik nya si harus sering di bersihkan fan and dan ganti termal pasta nya fan kotor maslah sepele cuma kelamaan jd bom waktu buat laptop agan anda mungkin sebagian orang belom bisa bongkar pasang laptop saran saya jg bawa ke ahli nya utk minta di bersihkan dan ganti pasta karna apa bila salah pasang atau bongkar akan menybabkan laptop mati atau korslet.

Masalah Port dan Konektor Power
Masalah ini juga sering terjadi. Hal ini diakibatkan oleh retaknya solderan yang ada di konektor ataupun port tersebut. Retaknya solderan disebabkan oleh panas dan umur dari laptop itu sendiri. Solusinya adalah melakukan solder ulang terhadap bagian yang mengalami keretakan solderan.
Semoga bermanfaat…..

kalo para juragan kesulitan silahkan hubungi customer service and sales support

Recommended Posts

Leave a Comment

Start typing and press Enter to search